^Tips Mengatur Uang Gaji Bulanan Biar Efektif

Advertisement
Cedepe [CDP™] » Bagaimana Cara Mengatur Uang Gaji Bulanan Biar Gak Cepat Habis? Menjalani sebuah pekerjaan yang notabene mendapat upah perbulan, biasanya pasti menunggu hari saat Gajian. Sebulan lamanya bekerja dan menunggu uang gaji bulanan, tapi terkadang udah kebayang rincian pengeluaran.

Mungkin banyak tagihan yg harus dibayar, yg membuat gaji sebulan kita langsung habis dalam beberapa hari. Lalu gimana cara mengelola uang gaji bulanan?

Gaji yg didapat dari sebulan bekerja kayanya sayang banget kalo harus ludes dalam beberapa hari. Ada baiknya menggunakan gaji bulanan untuk hal-hal dan kebutuhan yg emang dibutuhkan. Nah, mungkin beberapa cara mengatur gaji bulanan agar gak cepat habis yg bisa kamu lakukan.

Tips Mengatur Uang Gaji Bulanan Biar Gak Habis

Inilah Tips Cerdas Agar Gaji Bulanan gak Habis Sia-sia

* Sisihkan untuk Zakat dan Amal
Coba sisihkan gaji bulanan Kamu minimal sebesar 2,5 persen untuk zakat dan maksimal 10 persen untuk amal dan kegiatan sosial lainnya. Pos sosial ini bisa digunakan untuk membantu orang di sekeliling Kamu. Misalnya, ada kerabat yg sakit, atau Kamu harus membeli kado pernikahan teman Kamu.
Dengan membuat pos sosial, biaya untuk kegiatan tersebut gak akan mengganggu pengeluaran rutin Kamu.

* Bayar Utang
Utang adalah salah satu pengeluaran dengan skala prioritas tinggi. Sebelum Kamu membelanjakan gaji untuk hiburan atau gaya hidup, ada baiknya bayarlah hutang Kamu terlebih dahulu. Poskan 30 persen gaji bulanan Kamu untuk membayar hutang ini, biag nantinya gak berbunga dan hutang Kamu semakin bertambah.

* Buat Daftar Tagihan
Buatlah daftar tagihan yg biasa Kamu terima setiap bulan. Mulai dari kartu kredit, cicilan rumah, mobil dan sebagainya. Lalu sesuaikan dengan 30 persen pendapatan Kamu. Dari perhitungan tadi, berpikir ulang sebelum membeli sesuatu dengan berhutang.

* Buat Biaya Hidup
Setelah tiga hal dengan skala prioritas utama diatas udah dialokasikan, gaji bulanan Kamu kepada hal yg sifatnya fleksibel atau bisa diutak-atik sesuai dengan kebutuhan.
Masukkan 40 persen dari gaji bulanan Kamu untuk belanja kebutuhan sehari-hari seperti makanan, listrik, internet, telepon, rumah, bayar sekolah anak, transportasi dan iuran lainnya.

* Buat Dua Rekening Bank Berbeda
Hal ini bertujuan untuk menampung uang tabungan di rekening satunya. Usahakan rekening bank untuk uang tabungan kamu bebas biaya administrasi dan hanya memakai buku tabungan saja tanpa kartu ATM. Biar kamu gak berfikiran untuk mengambil uang yg seharusnya ditabung.

* Buat Anggaran Bulanan
Biar keuangan kamu jelas mengalir kemana saja, buatlah anggaran untuk pengeluaran kamu selama satu bulan ke depan. Berkomitmenlah dengan itu agar keuangan semakin tertata rapi.

* Meningkatkan Penghasilan
Kehidupan dan kebutuhan kedepannya pasti semakin meningkat. Cobalah untuk berfikir mencari penghasilan tambahan. Belajarlah berwirausaha, atau mencoba ikutan usaha temen. Kalo kamu punya keahlian khusus coba lebih ditingkatkan skillnya, jadilah profesional mandiri.

* Untuk Gaya Hidup
Hiburan kadang dibutuhkan untuk membuat pikiran fresh kembali setelah bekerja keras. Jadi, sebaiknya emang ada alokasi dana untuk menonton di bioskop, membeli buku baru, baju baru atau liburan bersama keluarga.
Tapi pengalokasian dananya harus disesuaikan juga dengan kebutuhan lain yg lebih penting. Masukkan porsi gaji bulanan Kamu sebesar 15 persen untuk pos energy boost ini.

Itulah sedikit tips mengelola gaji bulanan biar gak terlalu boros yang bisa kamu lakukan. Semoga artikel cara Sukses Mengatur Uang Gaji Bulanan diatas bisa bermanfaat dan menjadi acuan kita menghemat keuangan menjadi lebih baik untuk masa depan. Sumber sejutatips.com Tribunnews.com dan yahoo.com. Salam Cinta dan Persahabatan.
Advertisement

^Tips Mengatur Uang Gaji Bulanan Biar Efektif

Published by: Admin on 23.00.

Silahkan Komentar Disini:

3 comments: