Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Bekerja

Advertisement
Cedepe [CDP™] » Bekerja di kantor atau dimanapun, pasti pernah ngerasain yang namanya mengantuk saat bekerja. Dan pastinya hal ini bisa mengganggu produktivitas Kamu di kantor. Mungkin coba mencari cara yang ampuh mengusir Kantuk saat Bekerja biar kamu gak mengantuk? Mencoba melenyapkan rasa kantuk ketika bekerja dengan mudah?

Berikut tips mengatasi ngantuk dan cara ampuh mengusir kantuk saat bekerja di Kantor yg bisa kamu lakukan.

Tips Mengatasi Ngantuk Saat Bekerja
* Ambil Napas Panjang dan Bermeditasi
Ambil napas panjang beberapa kali bisa membuat Kamu tetap waspada. Kamu juga bisa melakukan meditasi selama beberapa menit agar pikiran kembali segar.
* Ngemil sambil Ngopi
Saat rasa kantuk datang, langsung aja santap makanan ringan. Punya snack, minuman energi atau secangkir kopi pasti bisa membantu Kamu untuk tetap terjaga di tempat kerja. Kafein adalah stimulan atau zat yang bisa meningkatkan produksi adrenalin dan menghambat zat kimia yang menyebabkan kantuk.
* Dengarin Musik
Musik juga bisa membantu untuk merangsang indra pendengaran Kamu. Kalo Kamu merasa mengantuk saat bekerja, hanya mendengarkan musik yg bagus. Slow music bisa membantu untuk memicu fungsi tubuh dan otak.
* Bermain Game Sejenak
Istirahat bentar dari kerjaan kamu trus coba bermain game di laptop atau komputer akan membuat Kamu semangat lagi. Tapi jangan sampai kebablasan biar gak dimarahi atasan Kamu.
* Mengunyah Permen Karet
Cara sederhana lainnya yaitu mengunyah permen karet atau makan permen, misalnya asam atau rasa menthol. Dengan begitu maka syaraf diwajah yg menuju ke otak menjadi lebih aktif dan matapun akan segar kembali.
* Mengunyah ES
Atau cara yg lain, kamu bisa coba mengunyah sepotong es atau minum air dingin untuk merangsang otak Kamu agar mata tetap terjaga dan terbebas dari kantuk.
* Ngobrol sama Rekan Kerja
Terlibat dalam sebuah percakapan bisa membuat pikiran bergerak kembali dan termasuk dalam stimulator perilaku yg sangat kuat. Mampir sejenak ke meja teman untuk mengobrol ringan beberapa menit agar otak kita terangsang untuk berpikir dan akhirnya akan menghilangkan rasa ngantuk kita. Tapi jangan keterusan.
* Tidur Siang Sejenak
Tidur siang yg dilakukan sebaiknya hanya 5-25 menit aja dan gak lebih dari itu, serta tidur di meja kerja bukanlah ide yg baik. Kalo gak bisa tidur siang, cobalah beristirahat dengan tenang selama 10 menit sambil menutup mata, hal ini juga bisa membantu.
* Cuci Muka
Kalo Kamu merasa ngantuk saat bekerja, basuh wajah Kamu dengan air dingin (Cuci Muka). Hal ini akan membantu mengurangi dorongan untuk tidur.
* Melakukan Olahraga Ringan
Siapa bilang Kamu gak bisa berolahraga sambil duduk di kantor? Kalo merasa mengantuk, cobalah untuk meregangkan otot Kamu. Aktivitas tersebut akan membantu untuk mengalihkan pikiran Kamu. Peregangan membantu untuk membuka otot-otot Kamu sehingga mengurangi kelelahan dan kantuk untuk sepenuhnya.
* Jalan-Jalan di Sekitar Ruangan
Bangun dari kursi Kamu dan berjalan di sekitar ruangan Kamu. Atau Kamu bisa berdiri di depan jendela untuk merasakan udara segar agar rasa kantuk segera hilang.
* Sinar Matahari
Ruangan kerja yg kurang cahaya bisa membuat mata sulit terbuka. Beberapa studi yg dilakukan terhadap karyawan menemukan, mereka yg ruangannya terpapar cahaya matahari jarang mengantuk saat bekerja dan resikonya menderita insomnia lebih rendah.
* Rangsang Indera Penciuman
Menghirup aroma tertentu ternyata cukup efektif untuk mengembalikan kembali fokus. Lain kali saat Kamu merasa mengantuk di tempat kerja, dengan mencium minyak kayu putih, rosemary, pepermint, kayu manis, bisa merangsang agar Kamu tetap terjaga dan cukup efektif membuat mata terbuka.
* Konsultasi ke Dokter
Kalo kamu terus menerus diserang rasa kantuk saat bekerja, konsultasikan pada dokter. Rasa lelah dan mengantuk meski gak melakukan aktivitas berat, bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan, seperti anemia atau sleep apnea.

Itulah beberapa cara mengatasi ngantuk saat kerja yang bisa kamu lakukan. Silahkan dicoba tips mengusir rasa ngantuk di atas biar kamu tetap terjaga di tempat kerja. Disalin dari sumber merdeka.com kompas.com dan google.com. Salam Cinta dan Persahabatan.
Advertisement

Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Bekerja

Published by: Admin on 01.11.

Silahkan Komentar Disini:

3 comments:

  1. infrmasinya sangat bermanfaat sekalinih. makasih udah berbagi

    BalasHapus
  2. Ane rasa mengunyah es yang paling ampuh gan. Kalau konsentrasi sudah pindah ke dinginnya es pasti bisa hilang tuh kantuk. Mantap banget nih artikelnya gan.

    BalasHapus
  3. Cuci muka itu paling ampuh, karena wajah jadi segar lagiii

    BalasHapus

#Fut1

#Fut2

#Fut3