^Tips Mengatasi Dan Mengobati Flu Secara Alami (Tradisional)

Advertisement
Cedepe [CDP™] » Penyakit umum yg sering terjadi dan dialami salah satunya adalah "Flu". Apalagi kalo musin hujan datang, flu dan batuk atau demam sering menyerang. Selain harus selalu menjaga kesehatan tubuh, usahakan juga menghindari sakit flu. Tapi kalo udah terlanjut kena Flu, bisa coba cara alami mengobati flu.

Berikut beberapa Tips Mengobati Flu Secara Alami dengan berbagai bahan dan ramuan tradisional yg bisa kamu lakukan:

Tips Mengobati Flu Secara Alami

# Madu untuk Obat Flu
Madu sangat populer sebagai obat paling mujarab untuk mengatasi berbagai penyakit. Madu juga dapat membantu meringankan iritasi pada tenggorokan, dan diyakini mengandung antioksidan dan anti bakterial.
Madu juga terbukti meringankan batuk dan membantu tidur pulas pada anak-anak berusia satu tahun ke atas.

# Jahe untuk Obat Flu
Jahe mengandung banyak senyawa fenolik seperti gingerol dan shogaol yg merupakan antioksidan dengan aktivitas tinggi untuk membentengi tubuh dari radikal bebas penyebab penyakit.
Dianjurkan mengonsumsi minuman jahe saat perubahan cuaca terjadi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Jahe yg juga dipercaya sejak dulu sebagai obat tradisional China dalam memerangi gejala flu, masuk angin, meringankan batuk dan demam.
- Jahe panas ditambah jeruk nipis dan madu bisa dijadikan minuman di saat hujan. Tapi buat yg baru menjalani operasi, sebaiknya hindari minum jahe selama dua minggu.

# Ginseng untuk Obat Flu
Ginseng juga termasuk suplemen herbal yg populer. Ginseng mempunyai banyak manfaat, mulai dari memperbaiki ingatan, memperbaiki konsentrasi, kelelahan, masalah yg berkaitan dengan penuaan, depresi ringan dan bahkan untuk ibu setelah melahirkan.
Kandungan dalam ginseng meningkatkan sistem imun tubuh, karena itu ginseng juga berkhasiat sebagai obat flu.

# Cabe untuk Obat Flu
Cabe mengandung nutrisi penting yg bermanfaat buat kesehatan. Menurut penelitian, kandungan vitamin C dan "betakaroten" pada cabe diklaim lebih tinggi dari buah-buahan populer seperti mangga dan pepaya.
Cabe juga mengandung zat aktif bioflavonoid yg berperan besar dalam menjaga kesehatan jantung dan sebagai agen anti-kanker.
Zat kapsaisin (bahan kimia Capsaicin) dalam cabai atau lada memiliki kemampuan menghalangi aktivitas otak ketika menerima sinyal rasa sakit dari pusat saraf, dan dapat membantu membersihkan rongga hidung (meluruhkan lendir yg menyumbat ditenggorokan dan hidung).

# Bawang untuk Obat Flu
Keluarga Bawang, seperti bawang merah, bawang putih dan bawang bombay mengandung zat bernama "phytochemical allium" dan "allicin" yg bermanfaat buat sistem imunitas tubuh.
Keluarga bawang juga memiliki efek anti bakteri dan virus, dan berperan dalam mempertahankan kadar kolesterol sehat (HDL).
- Mengonsumsi satu siung bawang dalam sehari dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
» Bawang Putih
Bawang putih menganding "Allicin" dapat mengurangi resiko terjangkit flu dan menyembuhkan sakit flu dengan cepat.
Bawang putih dapat berfungsi sebagai dekongestan atau pelega hidung mampet akibat serangan flu (membunuh virus influenza), serta mengandung antioksidan yg dapat mencegah infeksi radikal bebas.
- Tambahkan bawang putih pada sop ayam untuk meredakan gejala flu.
- Tapi ada efek samping buat penderita gula darah dan wanita hamil.
» Bawang Merah
Bawang merah yg juga mengandung kimia antiviral. Bertindak sebagai katalis untuk mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung.
- Rendam potongan bawang merah mentah di madu
- Biarkan selama semalaman
- Gunakan campuran ini seperti sirup obat batuk
Selain itu, bisa juga menambahkan banyak bawang merah dalam masakan saat sedang terkena flu.
» Menghirup Bawang
Mencium potongan bawang cukup efektif untuk mengatasi hidung tersumbat.
- Dekatkan potongan bawang di bawah hidung selama sekitar lima menit.

# Brokoli untuk Obat Flu
Brokoli yg kaya kandungan zat "phytochemical indoles", sebuah komponen natural yg bekerja sama dengan vitamin, mineral, dan serat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Brokoli juga mengandung "sulforaphane" yg dapat meningkatkan produksi enzim di dalam tubuh untuk melawan pertumbuhan sel kanker.

# Lobak untuk Obat Flu
Lobak yg punya aroma kurang bersahabat buat hidung ini ternyata mengandung nutrisi "betakaroten" yg manfaat meningkatkan metabolisme dan menjaga kesehatan mata. Lobak juga diperkaya dengan vitamin C, asam folat, potasium, vitamain B-6, riboflavin, magnesium dan kalsium.
Potasium berfungsi mencegah proses dehidrasi yg merupakan celah menurunnya daya tahan tubuh dan fungsi keseluruhan tubuh dalam melawan penyakit.
Berbagai nutrisi penting inilah yg menjadikan lobak sebagai makanan sehat untuk mencegah flu, batuk, hingga kanker.

# Konsumsi Vitamin C
Berdasarkan beberapa penemuan baru, vitamin c juga bermanfaat melawan flu dan batuk, mampu mencegah flu biasa dan mengurangi reaksi gejala-gejala flu.

# Konsumsi Zat Besi
Zat besi merupakan mineral esensial yg dibutuhkan lebih dari 300 enzim yg ada di dalam tubuh.
Zat Besi memiliki efek menguatkan sistem imun tubuh, mood, kehidupan seks dan kesehatan yg berhubungan dengan pernafasan. Karena itu Zat besi bisa mengatasi gejala-gejala awal flu, membantu menurunkan gejala flu.
Zat besi yg terdapat pada makanan seperti daging, hati, seafood dan telur ini juga sudah tersedia dalam bentuk pil dan sirup.

* Cara Alami Mengatasi Flu lainnya:

# Minum Cairan Hangat
Uap yg dirilis minuman hangat membantu mengencerkan lendir. Karena itu cairan hangat cukup membantu meredakan hidung tersumbat, membantu mencegah dehidrasi, dapat menenangkan membran hidung dan tenggorokan yg mengalami peradanggan.

# Penghirupan untuk Mengatasi Flu
Oleskan balsam, minyak kayu putih atau salep bermentol di dekat lubang hidung. Selain membuat plong hidung yg tersumbat, ini juga membantu mencegah iritasi kulit di sekitar lubang hidung.

# Penguapan untuk Mengatasi Flu
Salah satu cara tradisional untuk mencegah dan mengatasi flu adalah dengan penguapan atau steam. Masukkan air panas ke baskom lalu dekatkan wajah sambil memerangkap uap dengan handuk yg tersampir di kepala. Agar hasilnya lebih efektif, campur dengan rempah yg melegakan hidung dan tenggorokan, seperti minyak eucalyptus, kunyit, dan jahe.

# Berkumur untuk Mengatasi Flu
Untuk melegakan tenggorokan, coba berkumur dengan air hangat yg dicampur berbagai ramuan herbal atau rempah.
Misalkan dengan menambahkan:
- garam mineral
- teh raspberry
- cuka apel
- sage
- jahe dan kunyit
Lakukan empat kali sehari.

# Meniup Hidung
Hidung tersumbat sangat menyiksa. Rasanya pasti ingin selalu membuat tekanan di hidung, seperti gerakan menarik ingus. Sesaat mungkin terasa plong, tapi aktivitas ini ternyata justru memperburuk sakit dan berisiko membuat lendir masuk ke paru-paru lalu memicu infeksi.
Lebih baik buat tekanan keluar seperti gerakan meniup dengan hidung agar ingus keluar.
- Tekan satu lubang hidung lalu tiup sisi satunya hingga ingus bersih. Lakukan bergantian.

# Bantal Tinggi Ketika Tidur
Usahakan selalu menjaga kepala dalam posisi lebih tinggi dari bagian dada. Ini untuk mengurangi pembentukan lendir.
Cara terbaik adalah tidur dengan bantal dobel dan wajah menghadap langit-langit.

# Beristirahat
Flu menyerang saat daya tahan tubuh lemah. Karenanya, istirahat menjadi salah satu elemen penyembuhan penting karena akan mengembalikan sistem kekebalan tubuh. Selain mempercepat penyembuhan, berbaring atau tidur di balik selimut cukup membantu menyegarkan tubuh yg mulanya lemas.

Itulah beberapa tips mengatasi flu dengan cara alami dan tradisional yg bisa kamu lakukan. Walaupun flu kadang hanya penyakit ringan, usahakan untuk segera mengatasinya dengan beberapa tips mengobati flu secara alami diatas. Semoga bermanfaat. Disalin dari berbagai sumber oktomagazine.com menggelikan.blogspot.com yahoo.com dan google.com. Salam Cinta dan Persahabatan.
Advertisement

Silahkan Komentar Disini:

17 comments:

  1. Makasih infonya, gue lagi flu nich!

    BalasHapus
  2. top info y bwt ana yg lg mampet ni idung y :-)

    BalasHapus
  3. mksh ya habs aq sm anak q lg flu..

    BalasHapus
  4. mdh2n bsa membantu q spya bsa cpat smbuh, thanks infonya

    BalasHapus
  5. q mau coba tips2 yg ditas! mdah2n tips2 bsa bntu q, mengobati flu yg sdang q derita. thanks for infonya!

    BalasHapus
  6. terimakasih tipnya semoga cepat sembuh.

    BalasHapus
  7. lagi puasa ngak bisA COBA NIH KECUALI YG HIRUP BAWANG

    BalasHapus
  8. info yang sangat inspiratif... lengkap dan mudah di lakukan..

    BalasHapus
  9. Lagi musim flu rupanya,thanks atas infonya.akan kubgikn pda teman2Q...moga kami cepat sembuh...

    BalasHapus
  10. Syukron tipsnya, mudah"an bisa jadi perantara buat sembuh. .amien

    BalasHapus
  11. makasih bermnafaat sekali ... bahan- bahannya pun mudah di di peroleh

    BalasHapus
  12. trimakasih atas informasinya, saya sering sekali flu ketika kecapean

    BalasHapus
  13. Saya sangat setuju dengan ulasan diatas. Saya ada tips tambahan untuk mengurangi rasa sakit flu. Ramuan ini adalah ramuan tradisional yang sudah digunakan turun temurun. Caranya yaitu ambil beberapa siung jahe, cabai, laos, lempuyang, kunyit dan gula secukupnya. Rebus semua bahan tersebut dengan 3 gelas air minum hingga terasa 1 gelas. Kemudian,minumlah air rebusan tersebut selama 3 hari berturut-turut sampai flu temen sekalian sembuh.
    Selamat Mencoba......... :)

    "Miliki Wajah Cantik Dan Bening Sepanjang Hari"
    www.grosirkecantikanwajah.com

    BalasHapus

#Fut1

#Fut2

#Fut3