Hari Ini


Cara Merubah Webcam Jadi InfraRed (Cam IR)

Update: 11 Maret 2013 at 17.39
Dalam Kategori: Camfrog Tips
Advertisement
Buat para camfroger pasti sering liat tampilan Cam InfraRed (baca IR), dan mungkin ada yang pengen pake webcam IR? Daripada beli camera inframerah asli yang mahal, mendingan membuat Camera Infra Red (Cam IR) sendiri. Mungkin udah banyak yg tau, tapi buat yg belum tau silahkan dibaca.

Cara merubah WebCam menjadi Inframerah (IR) ini bisa dibilang gambang-susah, karna kalo GAGAL hasilnya bisa blank / black cam. Tapi kalo BERHASIL, bisa oncam IR keren. Penasaran? Pengen tau caranya ???

Cara Merubah Webcam Jadi InfraMerah (IR)

Berikut langkah-langkah cara membuat camera infrared (IR) sendiri dengan "Webcam USB" murah seharga kurang dari 100 ribu, yang bisa kamu coba:

Alat dan Bahan Membuat Cam IR

# Alat dan Bahan yang Dibutuhkan:
- Webcam (sekitar 100 ribuan)
- Obeng kembang ukuran kecil / sedang
- Obeng Minus Kecil / Jarum
- Negatif film
- LED Infra-Red
- Gunting

Membuka Casing Webcam

1. Membuka Casing Webcam
Langkah pertama pastinya membuka casing webcam dibagian bautnya menggunakan obeng yg udah disediain tadi. Masing-masing cam berbeda bentuk dan jenis bautnya.

Membuka Lensa Cam

2. Membuka Unit Lensa
Kalo udah kebuka, langsung buka juga bagian unit lensa cam. Ada yang langsung keliatan lensa cam-nya, tapi ada yang harus sampe membongkar bagian lensa.

Melepas Lenca Cam

3. Melepas Lensa
Kalo udah dibagian inti lensa, coba lepas unit cam dengan teliti dan hati-hati. Jangan sampai salah atau merusak lensa, karna bisa blank. Kamu bisa gunakan obeng minus kecil atau jarum.

Melepas Filter Cam

4. Melepas Filter Cam
Kalo udah kebuka dan terlepas lensanya, nanti akan ada 2 - 3 bagian. Nah bagian "B" atau Filter ini lah yang kamu buang, karna filter ini berfungsi menyaring sinar inframerah dan mencegah noise pada gambar.

Sebenernya 4 cara diatas udah cukup untuk merubah tampilan webcam menjadi InfraRed (cam IR). Untuk hasil maksimal harus didukung dengan "Pencahayaan" disekitar camera atau muka kita.
Tapi kalo ingin hasil lebih maksimal, bisa dilanjut dengan langkah berikutnya >>

Membuat Filter Cam

5. Memotong Filter Pelewat InfraMerah
Negatif film over-exposured (warna hitam) yang udah di cuci, gunting seukuran "Filter" asli webcam. Filter baru buatan ini bisa menangkap sinar inframerah dan memblokir sinar lainnya.

Memasang Filter Baru ke Cam

6. Memasang Filter Baru Ke Dalam Lensa
Selanjutnya rakit lagi seperti saat melakukan pelepasan lensa tadi. Pasang filter baru, karet (kalo ada), dan lensanya. Selanjutnya pasang kembali casing cam dengan rapi.

Lampu InfraMerah

Memasang Cam InfraMerah

Atau bisa juga diliat Video Cara Merubah Webcam Jadi InfraRed berikut:



Kamera inframerah (cam untuk memantau ruangan dalam kondisi gelap) yang langsung udah tersedia, tapi harganya cukup mahal, sekitar 300 ribu sampai sekitar satu jutaan. Tapi sekarang kamu bisa membuat cam infrared sendiri dengan biaya yang jauh lebih murah. Tips Merubah Webcam Jadi InfraMerah (Cam IR) dari berbagai sumber fajarnugroho18.wordpress.com youtube.com dan google.com. Salam Cinta dan Persahabatan.
Advertisement
Buat sobat Blogger dan juga para Pengunjung yang mau COPAS harap cantumkan SUMBER atau link dofollow ke blog ini..!!! Thanks

Silahkan Kamu Komentar Disini. Dilarang Menghujat / Komentar Gak Sopan / Pasang Link Iklan:

2 Komentar untuk "Cara Merubah Webcam Jadi InfraRed (Cam IR)"
webcammengatakan...
29 April 2013 16.40

Wah lengkap tutorialnya iji ambil ilmunya ya
Thanks


michael212mengatakan...
13 Agustus 2013 21.22

Thanks banget gan,berhasil work 100%
PERTAMAX


Poskan Komentar