^Tips Mengatasi Mata Lelah Saat Di Depan Komputer

Advertisement
Cedepe [CDP™] » Tips Mengatasi Kelelahan Mata Saat di Depan Komputer? Mempunyai pekerjaan atau kegiatan yang selalu berhadapan dengan layar monitor komputer dengan waktu lama, bisa berpengaruh pada kesehatan karna radiasi monitor komputer. Biasanya sering nyeri punggung, bahu, leher dan yang pasti Mata lelah. Lalu gimana cara mengatasi mata lelah saat di depan komputer.?

Cara Mengatasi Kelelahan Mata Saat di Depan Komputer

Berikut beberapa tips mengatasi kelelahan dan ketegangan mata di saat bekerja di depan layar monitor, agar mata bisa tetap sehat meski harus bekerja berjam-jam.
* Ruangan yang Cukup Cahaya
Perhatikan pencahayaan dalam ruangan. Jangan bekerja di ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan mata. Gunakan kerai untuk mengatur cahaya dari jendela. Letakkan lampu di atas kepala. Hindari menatap cahayanya secara langsung.
Sebaliknya, jangan juga bekerja dalam ruangan yang terlalu gelap atau redup. Usahakan agar ruangan cukup terang agar mata gak bekerja terlalu keras.
* Periksa Monitor
Periksa apakah monitor masih bekerja dengan baik? Bandingkan dengan monitor lain. Bila gambar yang tampak semakin buram, berkedip-kedip atau gak nyaman buat mata, maka udah waktunya untuk memperbaiki atau mengganti monitor itu.
Lebih baik mengganti monitor daripada membiarkan mata terganggu. Sering-seringlah membersihkan monitor dari debu dan kotoran yang mengganggu layar.
* Mnggunakan Filter Monitor
Untuk mengurangi sinar yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan layar monitor, gunakan filter glass monitor. Berbicaralah pada vendor perlengkapan komputer untuk mendapatkan filter yang baik dan mampu mengurangi pengaruh radiasi, dan bukan hanya sekedar meredupkan cahaya monitor.
* Perhatikan Posisi Monitor
Letakkan layar monitor sedemikian rupa sehingga membentuk sudut antara 10-15 derajat dari posisi sejajar dengan pandangan lurus. Hal ini selain biar gak melelahkan mata, juga menjaga agar bahu dan leher cukup nyaman bekerja.
* Menggunakan Font yang Cukup Besar
Kalo harus mengedit tulisan di depan komputer, pastikan ukuran atau font hurup yang digunakan cukup besar. Jangan paksa mata untuk membaca hurup kecil pada monitor. Mata bukanlah mikroskop bagi tulisan yang ada di layar monitor.
Gunakan fasilitas untuk memperbesar atau menyesuaikan besar tampilan gambar di monitor. Kalo udah selesai mengedit atau membacanya, bisa kembalikan font tersebut ke posisi semula.
* Posisi Kertas Kerja yg Mudah Dibaca
Kalo harus bekerja dengan menyalin atau membaca kertas kerja, maka letakkan kertas kerja tersebut dalam jarak yang seimbang dengan monitor, agar gak perlu bolak-balik memfokuskan pandangan untuk membaca kertas kerja, setelah membaca di layar monitor.
* Istirahatkan Mata
Pejamkan atau kerjap-kerjapkan, jangan kucek-kucek mata, tapi sering-seringlah berkedip. Ini dapat menurunkan ketegangan dan menjaga mata tetap basah dan sejuk.
Kalo terlalu lama melihat dalam jarak dekat, alihkan pandangan kamu ke arah yang jauh. Lakukan ini selama beberapa menit setiap 30 menit.
* Ubah Kebiasaan
Cobalah berdiri dan bergerak menjauh dari meja kerja paling gak beberapa jam sekali. Kalo memungkinkan, rebahkan bahu di sandaran kursi dan tutup mata selama beberapa saat. Paling gak, kasih istirahat selama 5 menit setiap jam. Lakukan hal lain seperti menelpon, membereskan berkas surat, dll.
* Periksa Kacamata | Lensa Kontak
Buat kamu yg menggunakan kacamata atau lensa kontak dan harus bekerja sepanjang hari di depan monitor, ada baiknya konsultasikan dengan dokter mata atau optik agar bisa mendapatkan kacamata yang sesuai. Baik, ukuran lensa dan framenya.
Kalo merasa lelah menggunakan kacamata, lepas aja. Karna kacamata bisa membuat mata lelah.
* Lakukan Rileksasi
Ringankan tegangan otot dengan latihan rileksasi ini:
- Letakkan siku di meja kerja
- Telapak tangan menghadap ke atas
- Biarkan beban jatuh ke depan
- dan kepala jatuh ke tangan
- Posisikan kepala sehingga alis berada di dasar telapak tangan dengan jari menjulur ke dahi.
- Tutup mata dan tarik napas melalui hidung.
- Tahan napas selama beberapa detik.
- Buang napas.
- Lanjutkan pernapasan dalam ini selama 15 sampai 30 detik.

Cobalah cara sederhana diatas untuk meringankan sakit dan kelelahan mata gara-gara sering menatap layar monitor. Dengan melakukan tips mengatasi mata lelah saat di depan komputer ini, semoga bisa menghindarkan dari penyakit mata. Dari berbagai sumber. Salam Cinta dan Persahabatan.
Advertisement

Silahkan Komentar Disini:

4 comments:

  1. lengkap sekali tips2nya
    terima kasih, sangat membantu sekali

    BalasHapus
  2. oke juga tips tipsnya, makasih banyaak yaa

    BalasHapus
  3. mata saya biasanya sakit kalau terlalu lama di depan komputer, apa lagi kalau malam hari. semoga tips di atas bisa membantu.

    BalasHapus

#Fut1

#Fut2

#Fut3