Kebiasaan Yang Bikin Kalian Susah Tidur

Advertisement
Taukah kamu tentang Kebiasaan yang Justru Bikin Kamu Susah Tidur? Insomnia atau susah tidur buat sebagian orang cukup menjadi masalah, karna bisa jadi mereka ngerasa terganggu dan kurang tidur. Tapi mungkin kamu belum ngeh kalo ternyata ada kebiasaan atau kegiatan yang ternyata bikin susah tidur?

Banyak hal atau kebiasaan di malam hari yang bisa memnyebabkan sulit tidur. Mungkin berikut inilah beberapa kebiasaan yang bikin kamu susah tidur yang kamu sadari atau tanpa kamu sadari:


1# Kebiasaan Begadang

Kalo kamu punya kebiasaan begadang, pastinya bakal selalu susah buat tidur. Lebih baik mulai sekarang dikurangi. Perhatikan jadwal tidur, khususnya di akhir pekan (sabtu - minggu), sesuaikan tubuh dengan rutinitas.
Usahain buat nyoba tidur teratur mulai jam 23:00 (11 malam) selama beberapa hari di hari biasa, trus begadang sampai jam 1 pagi di hari libur aja.

2# Pola Tidur Gak Teratur

Selain karna sering begadang, kalo pola tidur atau jadwal tidur kamu gak teratur dan selalu berubah-rubah, hasilnya akan membuat ritme tidur kamu pun terganggu, dan akhirnya bakal susah bangun secara teratur.
Jadi, mulai sekarang cobalah untuk tidur secara teratur dengan jam yang ditentuin, dan paksain buat tidur.

3# Nonton TV Sebelum Tidur

Jangan melengkapi kamar tidur dengan televisi. Mungkin kamu berpikir itu bisa membantu untuk bersantai, tapi kenyataannya aktivitas nonton televisi menjelang tidur memerlukan interaksi, bisa meningkatkan detak jantung dan membuat otak jadi aktif. Apalagi kalo acaranya bikin kamu penasaran, pastinya jadi tertunda dan susah tidur.
Jadi, lebih baik kurangi nonton TV di malam hari. Pastikan untuk mematikan alat-alat elektronik itu 20 menit sebelum tidur.

4# Ngemil di Malam Hari

Kebiasaan ini biasanya terjadi mengikuti kebiasaan begadang atau onton televisi. Ngemil di malam hari merupakan salah satu kebiasaan yang paling sering dilakukan sekaligus membuat seseorang susah tidur. Perut kenyang gak baik buat dibawa tidur. Ngemil larut malam juga bisa menyebabkan gastroesophageal reflux disorder (GERD) yang meningkatkan kadar keasaman perut dan membuat seseorang merasa gak nyaman dan tenang menjelang tidur.
Kalo gak mau tidur terganggu, batasi jumlah cemilan atau ngemil beberapa jam sebelum tidur.

5# Makan Makanan Pedas

Tubuh kita sangat membutuhkan kesejukan selama tidur, tapi makan makanan pedas akan meningkatkan temperatur tubuh. Dan biasanya makanan pedas juga memberikan mulas yang bisa membangunkan di tengah malam untuk buang air besar.

6# Mikirin Pekerjaan Rumah (PR)

Punya pekerjaan yang belum selesai? Atau deadline kerja yang bikin galau? Jangan habiskan waktu di malam hari buat memikirkannya. Cobalah membuat badan dan pikiran tenang sebelum tidur. Kamu bisa melakukan meditasi, sedikit stretching, atau kebiasaan lainnya yang bisa bikin tenang dan mengalihkan perhatian dari pekerjaan.

7# Lembur Kerja atau Tugas

Mempunyai kebiasaan lembur / kerja lembur di kantor atau membawa pekerjaan ke rumah, justru bisa menyebabkan stres yang akhirnya bikin insomnia dan bahkan hilang selera makan.
Mengerjakan pekerjaan/tugas pada malam hari atau mungkin di tempat tidur, justru membuat otak jadi lebih waspada, butuh konsentrasi, meningkatkan adrenalin yang kadang bikin kesel, stress dan bikin susah tidur.

8# Banyak Bicara (Ngobrol Sebelum Tidur)

Terkadang karena aktivitas yang padat seharian, kamu baru bisa sharing dan ngobrol saat jam tidur tiba. Mungkin gak jadi masalah, tapi perlu diantisipasi kalo hal ini berubah menjadi perdebatan yang bisa menaikkan tingkat energi, termasuk memunculkan amarah sekaligus rasa takut sehingga bikin seseorang sulit terpejam.

9# Minum Alkohol Sebelum Tidur

Minum alkohol emang bisa sebagai obat penenang dan bisa membuat cepat tidur, tapi alkohol juga mempengaruhi kualitas tidur kamu. Kalo kamu seorang peminum berat, efek buruknya mungkin akan tidur terlalu lama dan gak akan nyenyak dan nyaman.
Kalo ingin bangun dengan tubuh segar, sebaiknya hindari mengonsumsi minuman beralkohol sebelum tidur. Sebagai gantinya minum aja teh herbal.

10# Berolahraga Malam Hari

Berolahraga di siang hari akan membuat Kamu segar selama berjam-jam. Itulah kenapa Kamu gak boleh berolahraga tiga jam sebelum tidur. Menurut para pakar, aktivitas fisik yang intens akan menaikkan temperatur tubuh dan menambah tenaga Kamu. Keduanya mengganggu transisi ketenangan dalam tidur.
Pasalnya seseorang baru bisa tidur jika suhu tubuhnya lebih rendah dari normal, sedangkan olahraga berakibat pada peningkatan suhu tubuh beserta metabolismenya.

11# Baca Buku Sebelum Tidur

Membaca di tempat tidur gak selalu menjadi masalah, tapi kalo kamu sulit untuk tidur, harus berhenti. Buat beberapa orang, membaca mungkin lebih menyenangkan daripada tidur, tapi biasanya malah jadi susah tidur. Karna kamu akan semakin penasaran dengan apa yg kamu baca yang akhirnya gak tidur-tidur dah.

12# Online Internet

Mungkin ada yang coba buka internet biar cepet ngantuk. Tapi kenyataannya kalo keseringan online internet sampe malem, justru bikin kamu susah tidur. Biasanya online buka Facebook, Twitter, Skype, YM, atau Camfrog. Kita akan keenakan chatting, saling komentar atau malah keasyikan liat video camera di room chatting, yang akhirnya jadi gak bisa tidur.

Itulah beberapa Kebiasaan yang Justru Bikin Susah Tidur yang biasanya sering terjadi, mungkin kamu nyadar atau malah gak nyadar. Jadi, coba perhatikan dan atasi yah. Disalin dari berbagai sumber palingseru.com, health.detik.com, jevuska.com dan google.co.id. Salam Cinta dan Persahabatan.. Baca juga Tips Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia.
Advertisement

Kebiasaan Yang Bikin Kalian Susah Tidur

Published by: Admin on 15.16.

Silahkan Komentar Disini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

#Fut1

#Fut2

#Fut3