^Kebiasan² Buruk Yang Bikin Kamu Susah Kaya

Advertisement
Cedepe [CDP™] » Semua orang pasti pengen kaya atau punya banyak uang alias tajir. Tapi kadang apa yang kita lakukan justru membuat susah kaya dan bahkan menjauhi. Banyak hal dan kebiasaan buruk yang membuat susah kaya yang sering dilakukan tanpa sadar atau malah sengaja.

Mungkin beberapa hal dan kebiasaan buruk berikut pernah atau sering kamu lakukan yang kenyataannya bisa membuat kamu susah kaya dan mengganggu kondisi finansial (keuangan) kamu.

Kebiasan Buruk yang Bikin Susah Kaya

* Gak Punya Anggaran
Kalo kamu gak punya anggaran sama sekali, bisa berbahaya buat kondisi finansial (keuangan) Kamu. Jangan sampai Kamu selalu bilang dan memutuskan untuk "pakai aja dulu uangnya, baru nanti kita hitung di akhir bulan". Buatlah anggaran tentang keuangan kamu.

* Gak Punya Pengeluaran Bulanan
Kalo kamu belum punya catatan anggaran, setidaknya Kamu harus punya perkiraaan biaya pengeluaran per-bulan. Gambaran dan catatan pengeluaran itu perlu dan penting karena akan ada beberapa biaya yang sering tanpa sadar dan tanpa terduga Kamu keluarkan.

* Gak Punya Investasi yang Menghasilkan
Kamu bisa mengucapkan selamat tinggal kepada kondisi finansial Kamu karena akan segera mati kalo gak punya satu pun investasi yang menguntungkan, minimal yang bisa menghasilkan uang meski hanya sedikit.
Jangan pakai internet cuma buat belanja online atau maen game online, tapi cari juga informasi tentang instrumen investasi, atau hal-hal yang menguntungkan buat kamu, dan berinvestasilah!

* Gak Punya Prioritas dalam Finansial
Biasanya hal pertama yang kita lihat akan kita beli, hal ini untuk orang-orang yang suka boros. Mereka Gak punya prioritas utama dalam hidupnya, jadi asal liat barang bagus langsung dibeli, dan bahkan untuk menabung sekalipun gak ada niatan.

* Gak Menyadari Perkembangan Ekonomi Terkini
Meski mereka mendewakan uang (untuk dihambur-hamburkan), orang yang boros gak akan tau mengenai perkembangan ekonomi terakhir. Eropa krisis, oh? Indonesia masuk investment grade, apa itu? Barulah setelah uangnya habis, mereka sadar bahwa kelakuannya sia-sia.

* Gak Merawat Barang
Orang yang boros gak hanya karena sering menghamburkan uang, gak menghargai barang yang dibeli pakai uang termasuk pemborosan. Bahkan, orang yang malas merawat barang biasanya gak mau memperbaiki sesuatu kalo rusak, tapi memilih untuk beli yang baru.
Itulah kenapa biasanya mereka punya mobil baru, motor baru, komputer baru, handphone baru, dll yg baru.

* Ganti-Ganti Ponsel
Sudah jelas, sering berganti-ganti ponsel (apalagi mengejar tren model terbaru) adalah pemborosan nomor wahid. Kalo dipikir baik-baik, harga produk elektronik yang udah dibeli gak pernah naik, berbeda dengan rumah atau tanah.
Nilai barang yang Kamu beli akan berkurang seiring waktu. Kamu akan sangat rugi kalo mencicil ponsel, begitu lunas, nilai sebenarnya udah jauh berkurang dari harga awal. Biasanya, orang-orang seperti ini selalu mengaku gak rugi karena mendapat kepuasan dari gonta-ganti ponsel.

* Punya Banyak Gadget
Punya banyak alat-alat elektronik (gadget) yang terkadang dengan fungsi yang sama.
- Ingin dengar musik, punya iPod atau MP3 player.
- Ingin main game, punya iPod Touch atau Sony Playstation Portable (PSP).
- Ingin berselancar di internet, punya iPad atau Samsung Galaxy Tab.
- Ingin baca buku, punya Kindle atau Kobo eReader.
Kalo dipikir-pikir, semua fungsi tersebut bisa ditemukan di satu ponsel pintar aja kok.

* Membeli TV Layar Datar Ukuran Raksasa
Semua orang pasti ingin TV raksasa di rumah biar bisa merasa punya bioskop pribadi. Tapi, kalo Kamu berpikir jernih, uangnya bisa dipakai untuk keperluan lain.
Gak perlu memaksakan diri sampai mencicil segala. Emangnya gak ada layar datar yang berukuran lebih kecil? Dan bukankah tv tabung juga masih tersedia? Atau Kamu merasa ketinggalan jaman dengan tv model lama?

* Langganan TV Kabel Premium
Siapa yang gak suka dengan acara-acara HBO atau Fox? Sah-sah aja kalo Kamu ingin berlangganan channel tersebut, tapi jangan sampai Kamu ingin berlangganan seluruh channel yang disediakan oleh operator kabel.
Tapi gak mungkin semua channel lainnya Kamu tonton juga setiap hari kan. Sayang banget kalo Kamu menghabiskan Rp 1 juta sebulan hanya untuk tv berlangganan.

* TV di Setiap Ruangan
Setelah punya tv raksasa dan TV berlangganan yang cukup mahal, Kamu masih ingin menikmati semua salurannya di setiap ruangan, maka Kamu memutuskan membeli TV untuk disimpan di tiap sudut rumah. Padahal kenyataannya gak semua TV yang ada itu berfungsi atau dipake. Sayang banget kan.

* Upgrade Komputer Setiap Tahun
Orang yang boros senang mengganti-ganti komponen komputer sesering bayi mengganti popok. Mereka selalu punya alasan untuk membeli komponen baru setiap beberapa bulan sekali. Ya mungkin alasan Kamu bener, tapi rata-rata komputernya bahkan gak dipakai untuk membantu pekerjaan.

* Belanja Baju Merek Terkenal
Pakaian terbaru dengan merek terkenal selalu menjadi musuh finansial Kamu. Jangan sampai tergoda dan terjebak untuk membelinya kecuali Kamu benar-benar butuh. Kamu butuh merek? Mungkin aja, untuk mereka yang ingin dipandang oleh orang lain. Sesuaikan merek dengan kebutuhan.

* Ganti-Ganti Mobil
Membeli mobil, baik itu kredit atau tunai sebaiknya dilakukan dengan rencana jangka panjang. Jangan sampai, Kamu cuma membeli mobil dengan perkiraan kalo Kamu bosan tinggal beli lagi. Jangan biarkan perasaan gengsi Kamu menang dalam posisi seperti ini. Gak usah sombong karena gak bagus secara finansial.

* Sering Makan di Luar
Selain gak sehat buat tubuh, sering makan di luar juga membahayakan kesehatan finansial Kamu. Jangan sampai Kamu terbiasa disajikan makanan oleh orang lain padahal Kamu atau istri Kamu bisa menyediakan sendiri, dengan harga yang lebih murah.

* Gak Menikmati Karir/Kerjaan
Kalo Kamu gak suka atau bosan dengan karir yang Kamu jalani sekarang, jangan diam aja. Masih banyak pilihan karir di luar sana yang bisa dan siap Kamu garap.
Kalo terpaksa dan meneruskan karir ini, selain gak produktif, hal itu juga bikin Kamu gak nyaman dalam mencari uang.

* Banyak Beli Hadiah Hari Raya
Pernah dengar cerita orang yang terjerat utang kartu kredit hanya gara-gara lebaran kemarin terlalu banyak membeli barang untuk dibagi-bagi keluarga dan tetangga di kampung?
Berbagi itu indah dan menghubungkan tali silaturahmi, tapi bukan berarti Kamu harus berkorban begitu banyak kan?

* Gak Pernah Olahraga
Apa hubungannya berolahraga dengan kondisi keuangan? Banyak. Tubuh yang sehat adalah aset yang harus dijaga baik-baik. Semakin Kamu sehat, semakin banyak kesempatan mencari uang. Kalo Kamu sakit-sakitan, selain susah mencari uang juga Kamu harus mengeluarkan uang banyak untuk biaya perawatan.
# Kesimpulan:
Kebiasan-kebiasaan seperti ini merupakan kabar buruk buat kondisi finansial Kamu. Kalo setelah membaca ini Kamu menemukan poin yang ternyata pernah Kamu lakukan, evaluasi kembali dan lakukan perubahan positif dalam hidup Kamu.

Nah, itulah beberapa hal yang harus Kamu hindari atau berhenti kamu lakukan kalo udah terjadi, karena kebiasan buruk yang bikin susah kaya diatas bisa mengancam kondisi finansial Kamu. Disalin dari berbagai sumber freefrombroke.com, finance.detik.com dan google.com. Salam cinta dan persahabatan.
Advertisement

^Kebiasan² Buruk Yang Bikin Kamu Susah Kaya

Published by: Admin on 16.45.

Silahkan Komentar Disini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar